Tips Memilih Jenis Bahan Polyflex Sesuai Kebutuhan

Dewasa ini sablon polyflex banyak diminati konsumen, utamanya dalam memesan kaos custom. Hal ini membuat banyak pengusaha tekstil yang mulai jual polyflex dengan berbagai jenis. Oleh sebab itu, sebagai konsumen harus pandai-pandai memilih jenis polyflex apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda, berikut beberapa tips memilih jenis bahan polyflex yang sesuai kebutuhan.

Polyflex PVC

Polyflex jenis ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan di Indonesia. Polyflex PVC memiliki kandungan plastik sehingga teksturnya tebal, getas dan kuat. Tekstur seperti ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada area kecil desain, seperti pada logo jersey ataupun jaket. Selain itu, polyflex jenis ini terbilang tebal sehingga akan memberikan efek timbul pada kaos.

Polyflex PU

Polyflex PU sangat mirip dengan polyflex PVC, hanya saja ketebelannya lebih tipis dan teksturnya lebih fleksibel. Meskipun memiliki banyak kemiripan, dari segi pengaplikasian, kedua jenis polyflex ini berbanding terbalik. Polyflex PU lebih cocok digunakan untuk area desain yang luas dan besar.

Hal tersebut dikarenakan ketebalannya yang tipis, sehingga menimbulkan efek yang menyatu, rapi dan tahan lama, sehingga cocok digunakan untuk mencetak desain-desain yang besar. Umumnya polyflex jenis ini diaplikasikan pada kaos atau topi. Selain itu, pilihan warna yang tersedia juga lebih variatif dibanding polyflex jenis lain.

Magicflex Foam

Magicflex Foam memiliki tekstur yang halus dan timbul dan jika diaplikasikan pada bahan pakaian akan menimbulkan efek 3D atau menyerupai kumpulan busa. Polyflex jenis ini cocok untuk Anda yang ingin membuat kaos yang unik dan elegan.

Reflektif

Sesuai namanya, polyflex jenis ini memiliki kemampuan merefleksikan cahaya jika terkena sinar matahari. Umumnya sablon jenis ini digunakan untuk pakaian yang akan digunakan untuk malam hari ataupun kegiatan outdoor, seperti jersey sepeda ataupun jaket komunitas motor yang sering melakukan touring malam.

Bahan polyflex reflektif memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan polyflex jenis lainnya. Namun, kekurangan polyflex jenis ini adalah pilihan warnanya yang terbatas, yakni gold, silver, hitam dan putih. Selain untuk sablon, terkadang bahan polyflex ini juga digunakan untuk pembuatan stiker.

Foil

Bagi Anda yang ingin kaos atau pakaian yang terkesan glamor, foil bisa jadi pilihan. polyflex jenis ini memiliki sifat yang dapat memantulkan cahaya mengkilat dan jika diaplikasikan pada kaos akan terlihat berkilau. Umumnya polyflex jenis ini menawarkan warna yang terkesan mewah dan glamor, seperti gold, silver dan merah.

Glow in the Dark

Polyflex ini termasuk yang paling banyak dicari oleh konsumen, terutama para kaula muda. Pasalnya, polyflex ini memiliki karakter yang unik, yaitu dapat menyala dalam gelap. Umumnya, konsumen memesan kaos ini, untuk kebutuhan kaos band ataupun untuk kegiatan malam. Polyflex jenis ini biasanya hanya tersedia dua warna, yaitu hijau dan biru.

Printable Flex

Berbeda dengan jenis polyflex lainya, Printable Flex dikhususkan untuk dicetak langsung pada bahan pakaian dengan menggunakan tinta eco-solvent. Kelebihan polyflex jenis ini adalah daya tahannya yang lama, karena tidak bisa luntur. Namun kekurangannya, untuk mencetaknya harus menggunakan mesin digital printing.

Karena dicetak langsung, desain dan warna yang bisa dipilih lebih beragam dan variatif. Umumnya polyflex jenis ini diaplikasikan pada jaket denim, tote bag dan canvas. Daya rekatnya yang kuat, memungkinkan Printable Flex diaplikasikan pada bahan yang sedikit lebih tebal.

Demikian tips memilih jenis bahan polyflex sesuai kebutuhan. Selain menyesuaikan jenis bahan yang digunakan, pastian juga kualitas dari bahan polyflex yang Anda beli. Polyflex berkualitas dengan harga terjangkau bisa Anda dapatkan di laman polos.co.id. Laman ini jual polyflex dan berbagai kebutuhan pendukung lain, mulai dari pakaian siap sablon hingga mesin untuk sablon.