Makanan Sehat untuk Pudarkan Strechmark

Makanan bisa membantu menyamarkan tampilan stretchmark? Makanan dengan kandungan nutrisi yang sesuai ternyata memang bisa membantu kulit dalam memperbaiki diri, termasuk dalam mengatasi kerusakan jaringan karena stretchmark (retakan karena jaringan kulit tertarik).

Berikut ini beberapa jenis makanan sehat yang bisa membantu kulitmu memulihkan diri dari stretchmark, dilansir dari Eatthis!Health.

Kacang-Kacangan

“Kulit terdiri dari 75 persen kolagen yang bertanggung jawab menjadikan kulit halus dan elastis. Untuk memproduksi kolagen dalam tubuh, Anda perlu protein yang cukup dalam diet Anda,” menurut Lisa Hayim, ahli diet terdaftar dan pendiri The WellNecessities. “[Protein] ini dapat ditemukan dalam makanan rendah lemak dan kolesterol seperti biji-bijian dan kacang-kacangan.”

Teh

“Air teh melembapkan, sehingga mengembangkan sel-sel untuk membantu kulit terlihat lebih berisi, lebih kenyal dan tidak kering,” menurut The Nutrition Twins.

Selain itu, teh mengandung antioksidan kuat yang membantu menjaga sel-sel tetap sehat dan melawan kerusakan, termasuk sel-sel yang rusak dari stretchmark,” tutur Kelly Choi, wartawan makanan dan penulis buku The 7-Day datar-Belly Tea Cleanse.

Makanan yang Mengandung Zinc

“Zinc sangat penting untuk produksi kolagen, yang merupakan jaringan ikat yang menyatukan kulit. Zinc juga diperlukan untuk menyembuhkan luka pada kulit,” kata ahli gizi selebriti Lisa DeFazio, MS, RDN. “Makanan yang kaya akan Zinc antara lain daging, ikan, kacang Brasil, dan kacang Turki.”

Kacang-kacangan dan biji-bijian juga termasuk bahan makanan yang kaya akan Zinc. Jadi tempe dan tahu pun bisa membantu memenuhi kebutuhan Zinc.

Air

“Untuk menjaga kulit Anda lebih elastis, pastikan tubuh senantiasa terhidrasi dengan baik,” tutur Julieanna Hever, MS, RD, CPT, pakar diet nabati dan penulis The Vegiterranean Diet and The Complete Idiot’s Guide to Plant-Based Nutrition.

Hever menyarankan konsumsi air setidaknya setengah dari berat badan kita setiap harinya. Tidak harus air putih, makanan yang kaya akan air seperti buah-buahan dan sayuran juga bisa menyumbangkan air yang cukup untuk tubuh kita.