Karakteristik Rumah Minimalis yang Harus Kamu Ketahui

Memiliki rumah idaman minimalis merupakan keinginan sebagian orang. Namun tidak semua orang mengetahui karakteristik dari rumah minimalis. Sebenarnya, apa saja karakteristik dari rumah minimalis? Kamu bisa simak ulasan berikut.

Bentuk dan Fungsi

Rumah minimalis memiliki renca tata ruang yang sederhana. Memaksimalkan fungsi ruangan dan menggabungkan ruangan menjadi satu adalah ciri khas yang dimiliki rumah minimalis

Kesederhanaan yang menjadi konsep untuk rumah minimalis, dapat dilihat dari bentuk bangunan yang geometris seperti persegi panjang atau kubus.

Menggunakan Material yang Sederhana

Penggunaan bahan material pada pembangunan rumah minimalis cendrung sederhana dan mudah didapatkan. Untuk area dinding, penggunaan batu bata sebagai material utama banyak ditemukan dalam pembangunan.

Walaupun menggunakan material yang sederhana, rumah minimalis akan tetap memberikan kesan mewah bagi siapapun yang melihatnya. Itulah mengapa sampai saat ini rumah minimalis masih menjadi primadona dalam bidang properti.

Detailing dan Dekorasi yang Sederhana

Kesederhanaan masih menjadi fokus dalam konsep rumah minimalis. Bukan hanya bentuk bangunan, detailing dan dekorasi untuk rumah minimalis dibuat sederhana namun terkesan mewah dan berkelas.

Fasad sebuah rumah minimalis dibangun tanpa dekorasi yang berlebihan. Sederhana, lugas, serta efisien termasuk ciri khas yang ditonjolkan.

Penggunaan jendela dengan bukaan lebar banyak dipilih sebagai desain rumah idaman minimalis. Selain itu, pemilihan warna dan detail yang sederhana namun enak dipandang menjadi acuan untuk pembangunan rumah minimalis.

Memaksimalkan Pencahayaan Ruangan

Pembuatan jendela dengan bukaan yang lebar bukan tanpa alasan dalam desain rumah minimalis. Jendela yang lebar berfungsi sebagai percahayaan tidak langsung dalam desain rumah minimalis.

Warna yang digunakan dalam interior rumah minimalis biasanya digunakan warna yang netral dan mampu membiaskan cahaya secara maksimal.

Furnitur Sederhana

Isi rumah biasanya menyesuaikan dengan konsep yang diusung rumah itu sendiri. Untuk rumah minimalis yang berkonsep sederhana. Furnitur yang sederhana tanpa detail yang berlebihan dan warna yang mencolok menjadi pilihan untuk isi dari rumah idaman minimalis.

Pemilihan furnitur mempertimbangkan fungsi dari furnitur itu sendiri. Biasanya, pada rumah minimalis dipilih furnitur yang multi fungsi agar rumah tidak terlalu banyak barang dan menjadi sempit.

Taman yang Simple Namun Enak Dipandang

Pembuatan taman pada rumah minimalis perlu dilakukan. Selain untuk memperindah rumah, taman juga bertujuan untuk menyegarkan pandangan.

Taman bisa dibuat dilahan yang kecil. Penggunaan rumput kecil dan bebatuan kecil bisa menjadi aksen yang pas dalam penataan taman pada rumah idaman minimalis.

Tanaman hijau yang merambat didinding bisa menjadi alternatif pengganti tanaman besar. Karena lahan yang mungil, menanam pohon besar akan menjadikan taman mungil tersebut terlihat sempit dan kumuh. Untuk itu, tanaman dengan media tanam yang dapat menempel di tembokĀ  menjadi pilihan.

Baca juga : Tips Desain Interior Rumah Minimalis