Kapan Harus Menggunakan Stabilizer Kamera?

Ada banyak model dan jenis stabilizer kamera yang kini tersedia di pasaran, salah satunya seperti Moza Aircross 2 Pro dan berbagai stabilizer kamera lainnya yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Stabilizer kamera merupakan salah satu perangkat pendukung kamera yang berfungsi untuk meredam goncangan pada kamera sehingga gambar yang dihasilkan akan terlihat lebih stabil.

Stabilizer kamera menjadi perangkat yang penting karena Anda tidak bisa mengandalkan kekuatan tangan seorang operator kamera terlebih untuk beberapa gambar yang memerlukan pergerakan cepat. Namun, kapan sebenarnya Anda membutuhkan stabilizer kamera untuk gambar-gambar Anda?

1. Untuk para pemula

Jam terbang seorang operator kamera tentu berbanding lurus dengan teknik pengambilan gambar yang dikuasainya. Jika Anda merupakan seorang pemula, akan lebih besar kemungkinan bagi Anda untuk menghasilkan gambar yang berguncang karena tangan dan tubuh Anda belum terbiasa untuk menahan kamera secara stabil.

Maka ada baiknya Anda menggunakan stabilizer kamera untuk membantu Anda menghasilkan gambar yang lebih stabil. Pilih juga kamera dan stabilizer yang mudah dioperasikan oleh pemula.

2. Saat mengambil gambar detail / close up

Hasil gambar yang goyang atau tidak stabil akan lebih terlihat jelas ketika Anda mengambil shot-shot detail atau close up. Lain halnya jika Anda mengambil gambar objek  dengan tipe full shot dan menambahkan sedikit looking room di bagian atas atau bawah objek. Jadi, jika Anda berencana untuk mengambil gambar-gambar detail, pastikan untuk menggunakan stabilizer kamera.

3. Aktivitas shooting luar ruangan / mobile

Beragam stabilizer kamera seperti Moza Aircross 2 Pro dan stabilizer-stabilizer kamera lainnya memang banyak difungsikan untuk aktivitas pengambilan gambar yang berlangsung di luar ruangan dan bersifat mobile atau berpindah-pindah.

Apabila Anda berencana untuk mengambil gambar dengan perpindahan kamera yang membutuhkan Anda untuk berjalan atau bahkan berlari sambil tetap melakukan perekaman, maka stabilizer kamera merupakan alat yang tepat untuk membantu Anda mendapatkan gambar yang stabil.

Karena meskipun tangan Anda sudah berusaha maksimal untuk menyeimbangkan kamera, kamera akan tetap bergoyang terkena guncangan ketika Anda berjalan atau berlari. Stabilizer kamera akan membuat kamera tetap stabil pada posisinya saat tubuh Anda berguncang.

4. Membuat gambar yang cinematic

Gambar dengan konsep cinematic akhir-akhir ini sedang banyak disukai banyak orang. Gambar dengan konsep cinematic biasanya memiliki pergerakan kamera yang halus dan lembut. Untuk menghasilkan pergerakan kamera yang lembut atau smooth, tentu tidak bisa jika hanya mengandalkan kekuatan tangan saja. Untuk itulah dibutuhkan stabilizer kamera agar kamera bisa bergerak dengan halus dan menciptakan gambar yang cinematic.

5. Saat merekam objek yang bergerak atau membuat video slow motion

Ketika Anda akan merekam objek yang bergerak, goncangan pada gambar yang dihasilkan akan tetap terlihat meskipun Anda sudah berusaha maksimal menstabilkan kamera dengan kekuatan tangan Anda.

Begitu pula ketika Anda akan merekam video dengan efek slow motion. Efek slow motion yang begitu pelan akan membuat goncangan yang halus sekalipun menjadi terlihat. Maka, untuk melakukan kedua aktivitas perekaman ini, Anda membutuhkan bantuan stabilizer kamera.

Stabilizer kamera seperti Moza Aircross 2 Pro dan stabilizer sejenis lainnya memang sangat membantu Anda untuk bisa mendapatkan gambar yang stabil sehingga memberikan hasil akhir yang lebih maksimal. Setelah mengetahui kapan harus menggunakan stabilizer kamera, Anda hanya perlu memilih stabilizer kamera macam apa yang cocok sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas Anda.