Ide Bisnis Bermodal Rp 5 Juta

Menunggu panggilan interview kerja, sama halnya seperti menunggu jodoh. Butuh waktu yang lama dan gampang-gampang susah.

Nah, bagi yang sedang menunggu kepastian dari perusahaan yang sudah dilamar, manfaatkanlah waktu luang dengan memulai bisnis yang cocok untuk fresh graduate. Lumayan kan sambil menunggu mendapat pekerjaan yang cocok, juga bisa menghasilkan uang.

Sedikitnya ada 6 ide bisnis yang bisa dirintis untuk para lulusan baru atau fresh graduate.

Siapa yang tahu kalau ternyata menjadi karyawan bukan jalan kalian. Justru menjadi seorang pengusaha itu lah kesuksesan kalian.

Penasaran bisnis apa saja yang bisa digeluti bagi yang baru lulus hanya dengan modal Rp 5 juta?

Simak ulasannya berikut ini ya, seperti dikutip dari TunaiKita.

1. Menjual Barang Preloved

Ingin mulai berbisnis, tapi terkendala modal sekaligus bingung mau jualan apa? Tenang, tidak perlu pusing. Menjual barang atau koleksi yang dimiliki bisa menjadi pilihan yang cukup menjanjikan.

Bagaimana caranya? Mudah sekali. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan catatan untuk mencatat barang-barang apa saja yang ingin dijual.

Kemudian pilih barang-barang apa saja yang dirasa masih sangat layak untuk dijual. Daripada makan tempat, lebih baik dijadikan uang.

Barang-barang yang dijual tidak terbatas jenisnya seperti baju, sepatu, aksesoris, kosmetik, hingga peralatan rumah tangga yang dipunyai. Namun, harus dipastikan terlebih dahulu kalau barang-barang tersebut masih layak pakai.

Khusus untuk baju dan sepatu, Anda perlu membersihkannya terlebih dahulu. Tidak perlu masuk ke laundry kok, bisa dicuci sendiri di rumah dan tambahkan pewangi.

Selanjutnya, posting di seluruh akun media sosial yang Anda gunakan. Mudah dan tidak memerlukan modal banyak, bukan?

2. Membuat Kerajinan Tangan

Tak harus menunggu momen spesial untuk menghias rumah dengan kertas tiga dimensi ini. Karena dengan beberapa alat sederhana, ternyata tidak sulit membuat kerajinan tangan seperti ini.
Menyukai seni dan memiliki kemampuan untuk membuat berbagai macam kerajinan tangan?. Kerajinan tangan adalah ide bisnis yang tepat.

Kuncinya adalah harus kreatif dan akrab dengan trend yang sedang viral di sekitar. Menjadi unik dan berbeda juga bisa dijadikan strategi bisnis.

Pilihlah jenis produk yang unik dan belum banyak atau bahkan belum pernah dibuat sebelumnya, sehingga memiliki target pasar yang luas untuk mengembangkannya menjadi sebuah bisnis.

Langkah terakhir, pasarkan hasil kerajinan tangan melalui akun media sosial.

3. Membuka Jasa Titip atau Jastip

Bisnis jasa titip beli sedang populer belakangan ini. Dengan kemajuan teknologi sekarang ini bisnis ini menjadi peluang yang cukup menguntungkan untuk para traveller.

Artinya Anda akan melakukan bisnis ini secara online, dan hanya perlu membelikan barang-barang pesanan pelanggan yang kemudian akan dikirimkan lagi ke mereka dengan tambahan biaya pengiriman dan biaya jasa.

Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil dengan omzet besar hingga jutaan rupiah. Lumayan banget, kan?

Usaha ini banyak dijumpai di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Untuk itu, sistem pemasarannya pun dilakukan melalui media sosial dengan cara mengunggah foto produk yang akan dipasarkan ke media sosial guna menarik perhatian para calon pembeli.

Dengan bisnis jasa titip beli ini, Anda harus sering update barang-barang baru, ya.

4. Fotografer

Suka mengabadikan momen ketika travelling dengan kamera? Menjadi fotografer adalah profesi yang cocok untuk Anda!

Ya, menjadi seorang fotografer lepas, tidak perlu khawatir merasa bosan melihat background foto yang itu-itu saja.

Karena biasanya, fotografer akan ditugaskan untuk beberapa kegiatan, baik di dalam maupun di luar ruangan. Pekerjaan ini juga akan diajak melihat indahnya dunia dengan gratis dengan bayaran yang lumayan.

Cukup dengan modal Rp 5 juta, Anda sudah bisa mendapatkan kamera profesional, and ready to go untuk menjadi seorang fotografer.

Akan tetapi, wajib hukumnya untuk mempelajari ilmu dan pengetahuan dasar tentang penggunaan kamera dan tentang teknik pengambilan gambar.

Hal ini bisa dipelajari melalui internet, dan banyak berdiskusi dengan orang-orang yang sudah sering turun ke lapangan. Sering latihan mengambil gambar juga pasti akan membantu meningkatkan kualitas sebagai seorang fotografer.

5. Jasa Graphic Designer

Pesatnya pertumbuhan media online tentu saja membawa banyak peluang dan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan.

Media-media online berupa social media, website, blog, dan konten-konten di dalamnya menjadi sasaran untuk menjadi perhatian paling utama, mengingat visual sangat penting untuk para audience dari platform yang sedang dikembangkan.

Oleh karena itu, jasa untuk membuat desain website kini semakin banyak dicari orang. Tak hanya datang perorangan, beberapa company atau perusahaan juga acap kali membutuhkan jasa desainer untuk media online yang dimilikinya.

Untuk bisa mendapatkan uang dari jasa ini yang diperlukan hanyalah sebuah laptop, internet, dan tentu saja keahlian. Pekerjaan ini juga bisa didapat dengan menjadi part timer dan dikerjakan secara remote atau jarak jauh.

Sama halnya seperti menjadi seorang fotografer, penting untuk mempelajari dan memahami ilmu-ilmu dasar. Rajin-rajin mengunjungi halaman website yang menyediakan sumber inspirasi untuk desain yang akan kamu buat nantinya.

Pelajari juga cara mengoperasikan software yang harus digunakan. Mulai dari project kecil terlebih dahulu, sambil terus belajar untuk mengerjakan project yang lebih besar.