Fintech Indonesia

Fintech Indonesia dalam Kehidupan Sehari-hari

Kehadiran fintech di Indonesia seolah sudah menjamur sebab kita dapat menemukannya dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Fintech hadir ke tengah-tengah masyarakat dan menembus ke berbagai lapisannya. Ada perubahan pada sektor-sektor tertentu semenjak masuknya fintech ke Indonesia, di antaranya adalah asuransi, keuangan, serta perdagangan. Selain itu, ada beberapa pengaruh yang sangat signifikan dirasakan oleh masyarakat kita.

Membantu Pertumbuhan Ekonomi

Mudahnya akses pinjaman dengan syarat yang mudah pula membuat hampir semua orang dapat meminjam uang tanpa jaminan atau agunan. Maraknya pinjaman tapa agunan ini membuat masyarakat yang tadinya terbentur masalah biaya untuk memulai usaha menjadi lebih mudah untuk mendapatkan modal dan menjalankan bisnisnya. Dengan begitu, banyak UKM (Usaha Kecil Menengah) yang mulai bermunculan setelah kehadiran fintech Indonesia. Berjalannya usaha-usaha kecil tersebut ikut andil dalam menaikkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Sedikit demi sedikit masyarakat Indonesia menaikkan taraf hidupnya.

Biaya Pembayaran Lebih Rendah

Berbeda dengan bank, layanan pembayaran via fintech Indonesia terhitung lebih murah dan mudah. Banyak kantor cabang di daerah-daerah dan ada juga yang mengirim karyawannya ke desa-desa untuk melancarkan pembayaran sehingga masyarakat yang akan membayar tagihan apapun yang dilayani oleh fintech tersebut tidak perlu jauh-jauh yang memerlukan ongkos. Selain itu, biaya administrasi yang dipatok oleh fintech tergolong lebih rendah dibandingkan dengan bank.

Internet Menjadi Lebih Penting

Fintech Indonesia dapat berjalan berbasis internet, maka secara tidak langsung masyarakat mulai melek internet dan dapat memanfaatkannya dengan baik. Internet di Indonesia sekarang mulai bisa diakses di seluruh bagian bahkan hingga ke pelosok sehingga tidak ada masalah bagi masyarakat untuk melakukan pinjaman atau pembayaran melalui fintech selama ada akses internet. Fasilitas ini tentu mempermudah dan mepercepat proses pembayaran atau pinjaman dan layanan lainnya yang disediakan oleh fintech. Oleh karenanya, fintech juga terhitung ikut memajukan Indonesia dalam sektor digital dan teknologinya.

Meski banyak fintech-fintech yang bermunculan di luar sana dengan berbagai versi, kita harus tetap waspada. Sebab, masih banyak fintech liar yang belum terdaftar OJK dan akan membahayakan penggunanya. Selain itu, mereka juga akan dirugikan karena fintech yang belum terdaftar OJK tidak akan memiliki perlindungan. Pilihlah fintech yang sudah terdaftar dalam OJK demi keamanan dan kenyamanan anda. Ketika anda ingin menggunakan jasa fintech, anda juga harus membaca peraturan secara seksama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Perhatikan mulai dari penawaran suku bunga yang rendah hingga regulasi yang berlaku di dalam fintech tersebut. Jangan mudah tergiur oleh bonus-bonus yang diberikan, hitunglah secara cermat sebelum meminjam dan melakukan pembayaran atau cicilan di fintech tersebut.