Bahan Makanan Pengganti Nasi Putih

Terpikir untuk mengurangi konsumsi nasi putih? Tetapi tubuh manusia tetap butuh karbohidrat setiap hari. Jadi sekarang saatnya untuk mempertimbangkan bahan makanan yang bisa menjadi pengganti nasi putih.

Berikut ini beberapa di antaranya yang direkomendasikan oleh Healthline. Mulai dari quinoa, kembang kol, sukun, sampai talas.

Kembang Kol

Sudah pernah mencoba nasi dari kembang kol? Rasanya tak kalah dari nasi putih. Selain itu, kembang kol juga lebih kaya serat dan nutrisi.

Kembang kol termasuk salah satu sayuran yang kaya antioksidan. Beberapa di antaranya adalah betakaroten, kuersetin, asam sinamat, dan beta-cryptoxanthin.

Vitamin C dan E yang dimilikinya baik untuk kesehatan kulit. Sementara vitamin K akan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Quinoa

Quinoa merupakan biji-bijian dengan jumlah fitonutrien yang luar biasa. Nutrisi ini berguna untuk melindungi diri dari peradangan dan mencegah penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas.

Kelebihan lain yang dimiliki quinoa adalah sumber karbohidrat ini kaya serat, bebas gluten, mengandung 9 jenis asam amino, dan dilengkapi 3 senyawa antikanker.

Shirataki

Shirataki adalah sejenis mi yang dibuat dari umbi konnyaku. Konnyaku sendiri dikenal sebagai bahan pangan yang ramah bagi pejuang diet, karena rendah kalori dan kaya serat. Olah menjadi masakan apa saja yang biasanya menggunakan mi.

Zoodles

Anda bisa membuat mi favorit vegetarian dengan menyerut zukini menggunakan spiralizer. Mi yang satu ini biasa dijadikan pengganti pastas spaghetti.Nasi Merah

Beras merah adalah alternatif yang jauh lebih sehat daripada beras putih. Mungkin Anda sudah sering mendengar premis ini. Menurut artikel yang dilansir iDiva, beras merah mengandung serat lebih tinggi, merupakan sumber karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, kaya vitamin B6, zinc, dan zat besi. Tak cukup sampai di situ, beras merah juga mengandung antioksidan antosianin yang baik untuk kesehatan.