5 Alasan Kenapa AC Mobil Tidak Dingin, Kamu Wajib Tahu

Cuaca panas di siang hari dan padatnya jalan raya di kota besar, seringkali menimbulkan penat dan gerah ketika berkendara. Di saat saat seperti inilah udara dingin AC mobil menjadi obat penyejuk suasana hatimu agar tetap tenang dan kepala tetap dingin. Namun bagaimana bila temperatur AC mobil tidak dingin, dan hanya mengeluarkan hembusan angin yang tidak menyejukkan? Yuk simak sejumlah alasan yang wajib kamu tahu, mengapa AC mobil tidak bekerja berikut ini!

5 Alasan Mengapa Suhu AC Mobil Tidak Terasa Dingin dan Sejuk

1. Ada Kerusakan pada Magnetic Clutch

Magnetic Clutch adalah alat pengatur putaran mesin, yang berfungsi memutar kompresor. Alat yang digerakkan dengan daya magnetik ini, bisa rusak akibat kurangnya daya listrik mobil atau kondisi mesin mobil yang terlalu panas. Dengan demikian kompresor AC mobil tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Solusi yang harus dilakukan adalah dengan mengganti magnetic clutch yang baru, yang kondisinya jauh lebih baik dan lebih cocok dengan AC mobilmu.

2. Mesin Mobil Terlalu Panas atau Overheat

Overheat pada mesin mobil bisa terjadi akibat beberapa hal, misalnya saja terlalu lama melakukan perjalanan jauh yang rutenya cukup berat dan menambah beban kerja mesin. Suhu mesin yang meningkat ini bisa membuat kompresor dan cairan freon ikut panas, sehingga yang keluar dari AC mobil tidak dingin, melainkan udara panas. Untuk mengatasinya maka kamu sebaiknya segera mengganti sparepart mobil, yang menyebabkan overheating pada mesin.

3. Kekurangan atau Kehabisan Freon AC

Jika AC mobil mengalami kekurangan atau kehabisan freon, besar kemungkinan adanya kebocoran pada beberapa komponen misalnya kondisi sambungan selang yang sudah tidak lapuk, atau adanya korosi pada kondensor. Kebocoran freon juga bisa disebabakan oleh kompresor AC yang mengalami keretakan. Solusinya adalah dengan mengganti kondensor, kompresor, atau sambungan selang yang menjadi pemicu masalah. Freon AC juga perlu diperiksa dan diisi ulang secara berkala.

4. Bagian Evaporator Penuh Kotoran dan Debu

Jika udara yang keluar dari AC terasa panas dan tidak menyejukkan, hal ini bisa juga disebabkan karena evaporator dalam keadaan yang kotor. Debu dan kotoran sangat rentan menjadi penghalang aliran udara dingin, sehingga AC mobil tidak dingin lagi. Sebelum terjadi kerusakan pada evaporator dan AC mengeluarkan aroma yang tidak sedap karena jamur, segera bawa mobilmu ke bengkel profesional SuperCar.ID yang memiliki tenaga mekanik handal, agar evaporator dibersihkan dan dicuci.

5. Kualitas Fan Belt yang Buruk atau Sudah Usang

Kualitas fan belt yang buruk mengakibatkan kompresor AC mobil tidak berputar dengan optimal. Karena fan belt adalah komponen yang berfungsi menghubungkan mesin dengan kompresor AC. Gunakan fan belt yang kualitasnya baik, serta lakukan pemeriksaan fan belt secara berkala untuk melihat apakah kondisinya masih layak dipakai. Jangan tunggu hingga fan belt lapuk dan putus dimakan usia, sehingga putaran mesin mobil menjadi panas dan AC mobil tidak dingin.

Karena itulah perawatan service AC mobil secara berkala harus dilakukan, agar komponen komponennya tetap dalam keadaan yang prima. Satu hal yang juga tak kalah penting diperhatikan adalah menjaga interior mobilmu selalu bersih, sehingga tidak ada debu dan kotoran yang terhisap ke dalam filter AC. Percayakan urusan service AC ini pada mekanik profesional di bengkel online supercar.id, yang sudah sangat ahli menangani perawatan AC dari berbagai tipe dan karakter mobil.